[Perancangan Peta 3 Dimensi] Part 5 – Mendapatkan Collada Object

Objek 3D harus berjenis collada (*.dae – digital asset exchange) yang dapat di browse secara interaktif dengan engine flash player dan class Papervision.

Collada (COLLAborative Design Activity) adalah skema open standard XML untuk membuat sebuah objek 3D yang dapat di explore secara interaktif.  Menurut pengembangnya Khronos Group, Collada dapat digunakan secara gratiss :). Pada sketchup kita dapat mengkonvert hasil keluaran menjadi Collada file (*dae). Ada 2 cara untuk mendapatkan objek 3D jenis ini, diantaranya:

  1. Dengan mengexport langsung sebagai file collada. Program akan secara otomatis memasukan file DAE dan material yang digunakan pada objek. Namun fitur ini hanya bisa didapatkan pada program Sketchup berbayar.
  2. Cara yang kedua adalah mengexportnya sebagai file Google Map (*.kmz), karena fitur export sebagai KMZ bisa dilakukan pada program sketchup yang tidak berbayar (gratis). Untuk mendapatkan file DAE dan Materialnya, kita cukup merubah ekstensi *.kmz manjadi *.zip, setelah itu ekstrak file, maka anda akan menemukan dua folder, satu file textures.txt dan file doc.kml, yang kita butuhkan hanya dua folder tersebut. Folder “model” yang bersisi file DAE dan satu folder berisi file “images” yang berisi material/ tekstur dari objek DAE tersebut.
Hasil Export dengan ekstensi Google Map (*.kmz)
Hasil Export dengan ekstensi Google Map (*.kmz)

Hasil keluaran tersebut di copy kedalam sebuah folder baru dalam Flex Project pembangunan peta 3D. Nama folder material harus sama dengan nama objek DAE nya. Jika nama objek DEA nya “jica.dae” maka folder material harus bernama “jica”. Nama material pun harus tepat seperti yang tertulis pada DAE file. Untuk meyakinkannya DAE file dapat dibuka dengan bantuan software editor teks dan temukan bagian:

Bagian library material
Bagian library material

Tag pada bagian “library_material” meminta referensi material berupa image kepada “library_images”. Nama texture0.jpg dan texture1.jpg adalah nama image yang dijadikan oleh objek sebagai material.

Bagian library images
Bagian library images

Ok, gw rasa cukup, segini dulu post kali ini, post selanjutnya membahas bagaimana objek collada di load pada Flex Builder menggunakan Papervision 3D :).

Keep in touch ‘n See you around guys 😀 !!!

Advertisements

9 thoughts on “[Perancangan Peta 3 Dimensi] Part 5 – Mendapatkan Collada Object

  1. Sorry tag xml’y pake image :D, gtau knapa pke yg tag pre itu ga fungsi :|, gpp lah y, kan bandwidth’y gde2 😀 hehe…

  2. tambahan :
    yang didownload itu file .zip
    di dalamnya ada folder images & models
    & ada file doc.kml & textures.txt

    sama sekali ga diutak atik, tapi ga tampil….
    & DAE-nya juga path texturesnya (kayanya) nya dah bener

  3. Anisul Fuad :

    tambahan :
    yang didownload itu file .zip
    di dalamnya ada folder images & models
    & ada file doc.kml & textures.txt

    sama sekali ga diutak atik, tapi ga tampil….
    & DAE-nya juga path texturesnya (kayanya) nya dah bener

    saya juga ngalamin masalah yg sama, setelah berkutat dan muter2 cari referensi akhir’y saya putuskan buat solusi paling sulit = mapping bitmapMaterial per face, tapi pasti gila banyak banget :D.. sampai akhir’y nemuin plugin ColladaMax buat export 3d model via papervision, dan texture tertata rapi, & lbih apik lgi texture’y pke baked material.. Mungkin di tutorial selanjutnya bakal saya bahas 🙂

    keep in touch bro.

  4. maaf gan mau tanya, kalau sudah dapat file2 seperti di gambar 1 “Hasil Export dengan ekstensi Google Map (*.kmz)” kan ada file berekstensi .dae di folder “models”, itu bisa di buka dengan software apa ya???

    sy benar2 awam masalah yang beginian, tapi pengen lihat design model rumah “ARIA-COMPANY” dari anime ARIA makanya ngebet banget pengen bisa buka file .dae itu

    mohon pencerahannya ^_^

  5. Hai maria salam kenal :)..
    DAE itu ekstensi dari Collada file, itu file 3D yg dikonversi atau entah bagaimana caranya diubah menjadi file berformat xml. Saya bisa menggunakan DAE file untuk diload menggunakan Papervision3D.. Kalau boleh tau file DAE nya dapat darimana? mungkin saya bisa bukain 🙂

    makasih udah mampir ya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s