[Seri Mencari Ilmu] Tema: Bisnis

Around the World in 80 Trades

Around the World in 80 Trades. Acara dokumentari business yang sangat menarik, unik dan selalu sukses bikin penasaran :D. Awal cerita seorang inggris bernama Conor woodman telah bosan bekerja di depan komputer sebagai market analyst. Ia memutuskan untuk resign dan menjual flat nya untuk bekal berbisnis secara real (jual-beli tradisional), merasakan jual beli secara langsung di lokasi penjualan di seluruh dunia. Lebih dari 60 negara ia jelajahi.

Conor Woodman
Conor Woodman

Woodman harus menggunakan uangnnya sejumlah 25.000 pounds (hasil penjualan flat nya di london) untuk digunakan sebagai modal jual beli di tiap negara yang ia singgahi dan tentu saja ia harus bisa melipat gandakan modalnya bila ingin perjalanan keliling dunia ini tidak sia-sia. Barang yang ia jadikan bisnis tergantung dari negara mana yang ia singgahi, mulai dari hewan, makanan, minuman, barang antik, tanaman dan sebagainya, ย menarik bukan? ๐Ÿ™‚



Seri videonya ada 4 episode, di youtube tiap episode dibagi menjadi 5 bagian, lihat & download disini: http://goo.gl/txSLM

Karena pada dasarnya berbisnis itu simple, beli dengan harga murah di suatu tempat, jual dengan harga mahal di tempat lain. Namun, apakah benar se simple itu? Penasaran? makannya download semua episodenya :D..
Apakah perjalanan Woodman menglilingi dunia berhasil melipat gandakan modal awal? atau malah merugi? tonton aja videonya ya :D, dijamin bikin kembang kempis ๐Ÿ˜€ hehe.. Berikut adalah sepenggal pesan dari Conor woodman setelah melakukan perjalanan panjanggnya berbisnis ke seluruh dunia:

Don’t underestimate anybody in business, wherever they are, whatever they’re selling. I kind of had a hunch that there were universal truths to making a profit, and there are: know what you’re talking about, and stand up for yourself, and don’t settle for less than you can afford to. It’s the same wherever you go, from a horse market in central Asia to a fish market in Japan, nobody’s a fool when it comes to business.

Banyak sekali hal menarik di dunia ini, rasanya takkan pernah habis semuanya untuk dipelajari, jadi ambil hikmah dari pengalaman orang lain dan coba jalani hidup kita dengan lebih variatif dan berani ๐Ÿ™‚

Desember 12,
asyadeeq sign off.

Advertisements

4 thoughts on “[Seri Mencari Ilmu] Tema: Bisnis

  1. Setuju. Awalnya saya tidak tertarik dengan bisnis karena saya pikir tidak sesuai dengan kemampuan saya. Tapi setelah membaca artikel ini, kenapa tidak kan kalau mencoba?!
    Sama seperti yang dibicarakan Malcolm Gladwell dalam bukunya Outliers, untuk kita keluar dari jalur biasanya dalam mencoba hal yang baru.

    Nice article brother, keep bloging ,\m/

  2. Ya nik,kenapa ngga :).. setiap orang pasti punya darah berbisnis, hanya tinggal mau apa ngga untuk di kembangkan. Ga sepenuhnya tidak sesuai dengan kemampuan ko, kita belajar management (pembangunan software), bekerja dalam tim, berdiskusi, dll itu jg core dari berbisnis kan :D. Mari terus belajar, aplikasikan dan berbagi..

  3. Betul sekali cek cep hasbi:)
    Sesuatu yg Positif kudu kita coba. Sukses tidaknya tergantung dr Mau Tidaknya kita. Karena setiap org diciptakan ku GustiPangeran tuk Sukses.

    Karena tidak ada org yg tidak sukses, semua sukses! Tergantung sukses dgn keberhasilannya atau sukses dgn kegagalanya.

    Ok, selamat belajar ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s