[Seri Mencari Ilmu] Tema: Management

POMODORO TECHNIQUE

Oh, Hai :)..
Belakangan ini lagi ngerasa banget kurang produktif (mungkin karena musim hujan & naiknya harga cabe, -iya, pembenaran yang tidak benar), berasa 24 jam ga teroptimalkan dengan baik. Sampai akhirnya muncul notifikasi di Dropbox saya bahwa ada teman (
dwi asharialdy hambali) yang menambahkan file “Pomodoro technique”, hmm, apa ini? awalnya sempet salah baca jadi Podomoro, Agung Podomoro Grup? (developer apartement yang harga naik besoknya :p), setelah dieja dengan baik ternyata Pomodoro, itu bahasa italy untuk tomat. Jadi apa hubungannya tomat dengan management waktu? akan saya jawab di akhir artikel. Bentar bikin kopi dulu …

~

Ok, apa itu Pomodoro Technique? adalah sebuah teknik memanage waktu & pekerjaan yang diciptakan oleh Francesco Cirillo, katanya sih bisa nge-boost fokus & kosentrasi, bisa dipakai untuk menyelesaikan tugas, baik itu dalam belajar, tugas kantor, berlatih memainkan alat musik, yup, any kind of task. Ada beberapa aturan simple dalam menjalankan podomoro, 5 poin tepatnya,

Barang yang dibutuhkan:

  1. Countdown Timer (Terserah, bisa dari aplikasi Hp, timer dapur, jam tangan, apapun asalkan bisa hitung mundur)
  2. Pensil & Penghapus
  3. To Do Sheet
  4. Activity Inventory Sheet
  5. Record Sheet
To Do Sheet - Template
Activity Inventory Sheet - Template 

Here’s the basic:

Tuliskan semua aktifitas/ tugas-tugas anda di selembar kertas (dalam pomodoro ini bernama lembar “ACTIVITY INVENTORY SHEET [AIS]”), yup semuanya, pekerjaan kantor, belajar, berlatih, semuanya. Siapkan lagi satu kertas benama “TO DO SHEET[TDS]” di kertas inilah aktifitas yang akan dikerjaan di tulis kembali (berdasarkan ACTIVITY INVENTORY SHEET).


Ini dia 5 poin rule di Pomodoro, Yo mulai !

  1. Di awal hari pilih beberapa task urgent yang akan dikerjakan hari ini dari AIS dan copy ke TDS, ingat tetap realistis, sedikit tapi fokus lebih bagus daripada banyak tapi ga ada yang beres ..
  2. Set Countdown timer ke 25 menit
  3. Mulai bekerja pada satu task saja, ingat: one task in a time, sampai timer berbunyi pertanda 25 menit telah habis
  4. Tandai To Do Sheet dengan huruf X untuk task yang telah dikerjakan
  5. Short Break (Istirahat pendek), sekitar 3-5 menit, istirahatlah walau tugas belum selesai. Saat istirahat pendek ini usahakan jangan melakukan hal serius seperti memecahkan kaca tetangga (inimah iseng + kriminal & ga jelas), lepaskan pikiran anda dari tugas-tugas duniawi, jalan-jalan kecil, bikin kopi atau apapun.

that’s it, setelah short break selesai, set kembali timer ke 25 menit, dan kerjakan lagi tugas yang tadi belum selesai atau bila sudah selesai ambil task selanjutnya di ACTIVITY INVENTORY SHEET .

Siklus 1-5 itu disebut 1 Podomoro, setiap 4 Podomoro ambilah istirahat panjang, sekitar 25 menit, katanya waktu segitu cukup untuk membuat otak mencerna apa yang sudah dikerjakan. Ingat selama istirahat jangan pikirkan tugas yang lagi dikerjakan, tugas lain yang belum dikerjakan, apakah BB jadi di block, jangan!, refreshing total aja. Timer berbunyi, mulailah kerja kembali (bukan pantun).

Secara garis besar sih cara kerja nya segitu aja, simple kan? Untuk penjelasan lebih lanjut silakan buka situs nya http://www.pomodorotechnique.com download pdf nya, gratis :).. Oia, saat anda dalam sesi Podomoro anda tak bisa diganggu, apabila ada sesuatu yang sangat urgent yang mau ga mau harus meninggalkan pekerjaan, dismiss the task and you have to start all over again 🙂 (sesi podomoronya, bukan pekerjaannya).

Karna ada yang bilang nulis blog jangan panjang-panjang, ntar males bacanya (setengah ngeles), jadi saya akhiri aja ya. Semoga teknik ini berguna bagi anda yang emang concern banget soal waktu, efektifitas & kualitas sebuah kerja. Dan yang saya rasakan, teknik ini sangat membantu sekali, saya yang mengendalikan tugas-tugas yang ada dan bukan sebaliknya.. Keep sharing spirit on!

Oia, hubungan tomat ama podomoro, hmm ga ada, itu timer khasnya Pomodoro aja 😉
Signing off ya, Jaa matta ne,
Assalamualaikum..

Here’s the basic:
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s