BLOKGROEP PROJECT

Hallo readers atau kamu yang ga sengaja kesini karena salah klik atau apapun, Hallo :D..

Kali ini gw ingin berbagi cerita tentang pembangunan sebuah project aplikasi interaktif untuk perusahaan Blokgroep di belanda sana (www.blokgroep.nl). Singkat cerita Blokgroep ingin membuat sebuah aplikasi berupa informasi mengenai mesin-mesin produksi yang mereka punya, sekalian ingin ‘showoff’ juga salah satu kantor sekaligus pabrik mereka (eksterior). Dan mengenai konsep meraka serahkan sepenuhnya pada TEF

Disini cuma dijelasin soal perancangan secara umum, untuk pembahasan yang lebih detail & teknikal bisa tanya aja lansung via komen atau email, it’s free, so feel free to ask :). 

Ok, proses pengerjaannya seperti ini:

0. Information gathering & konsep sistemnya bakal kaya gimana. Gw dikasi beberapa floorplan exterior juga interior gedung, filenya berupa CAD, gw ga bisa CAD, jadi pasti gw bawa ke 3ds max buat jadi acuan skala

1. Buat 3D exterior & interior berdasarkan denah yang disediakan & referensi foto dari google street view. Referensi dari foto sangat menolong terutama masalah materialing 

2. Buat mesin-mesin, kurang lebih 40 jenis mesin (32an yang terpakai) untuk di model ulang dalam bentuk 3D base on picts. Massive!

3. Membuat disain untuk komponen User Interface. Ini bagian yg gue suka, selain 3d i found my self enjoying User interface designing :D. 

4. Membuat engine untuk menampilkan foto ruangan (panoramic 360 derajat). Sayang sistemnya ga jadi diterapin, sebenernya sistem ini udah sepenuhnya jalan, kita punya tenaga di belanda buat take panoramic image & sudah sukses fully interactive, sayang pihak blokgroepnya membatalkan fitur ini karena alasan tertentu. No, prob at all, yang penting ilmu nya dapet 🙂

5. Menggabungkan semuanya dalam satu aplikasi interaktif. The big bang is here!! 😀

6. Memasukan informasi mesin beserta foto(s) ke tiap mesin 3D. 

dan, aplikasinya udah running sekarang, bisa dicek disini: http://www.blokgroep.nl/virtuele_tour.php prosesnya developmentnya memakan waktu +- 5 bulan (efektifnya 3 bulan) karena sempat tertunda oleh pihak Blokgroep. Yup lumayan ribet & panjang bukan 😀 tapi bangga juga sih kerjaan gw dipake perusahaan sekelas blokgroep. hehehehe 😀 *plak* *disambit*..

Pesan penulis: Fokuslah pada apa yang kamu sukai, what you focus on, grow, dan kamu akan kaget bahwa suatu saat apa yang kamu sukai itu berguna & bermanfaat bagimu & orang lain. Udah ah mau ngopi dulu 🙂

Thanks for stumbled here
Blogging later ;)..


Advertisements

12 thoughts on “BLOKGROEP PROJECT

  1. Udah bis nge load aa..
    udah keluar gambarnya..
    cuma Berat bgt, kyknya hrs di bnerin dehmodelnya..
    ilangin face2 yg ga dibutuhin..
    hehehe

    hanya saja, pas compileslalu ada eror #1099.. panjang bacaannya.
    lalu ada pilihan dismiss atw continue..
    sya pilih continu.. dan berhasl keluar.. modelnya..

    .nah yg saya bingungin itu.. erorr itu ngaruh dmn ya?? lagi googling nih.
    hehehe

    oia aa, mw tanya..
    sya dlm pengerjaannya meload 2 model Collada, untuk yg jalan dan bangunan.coz klo dijadiin dalam satu collada.. erorr wae.. lieur >.<

    truz timbul juga masalah texturing… ga bs diganti warna model 3D-nya.
    sgala cara udh saya coba.. ga berhasil.. dari ngutak atik XML collada smpe penamaan dan -nya.
    T.T

    mw coba pelajari kodingan aa yg Kolaborasi.as, heheh..
    tapi sprtinay bnyak potongan2nya.. jadi hrs dianalisis dulu,.
    hehehe

    maaf nih.. jadi curhat..
    hehehe

    nti klo boleh, sya kasih progressnya ke aa..
    lewat Fb ap Email y?
    hehehe

  2. mantab…. sy baru belajar papervison, cuman masih terbentur dengan jumlah polygon model yang terlalu banyak, jadinya waktu di load gerakannya patah-patah, kira2 ada solusi ndak ya untuk mengatasi hal itu, apa modelnya harus lowpoly? kalau misalnya mau sy gabungkan dengan flartoolkit, ada saran ndak kira2 bagusnya pakai 3d engine apa?

  3. @Rilan: kalo bisa se sedikit mungkin polygonnya (low poly) terus akalin texture nya pake bakin texture.. Oke kirim aja lan

    @akbar: Betul mas akbar :)! modelnya harus low poly soalnya emang nyedot banyak resource terutama processor.. Bikin modelnya low poly, bikin seolah2 high poly pake teknik baking texture. Buat ar base on flartoolkit saya pake pv3d, tapi untuk kemampuan handling banyaknya poly katanya alternativa 3d lebih jago, cuma ga tau apa bisa “ngobrol” sama flartoolkit apa ngga nya, saya blm coba 🙂

  4. lama juga nungguin tulisan terupdate blog ini.. hehehe.. ternyata sedang ada project besar nih.. semoga sukses bi.. ditunggu tulisan terupdate lainnya.. 🙂

  5. bang, aq agak bingung dengan satu hal…
    gimana caranya qta membuat objek2 3D (misalnya mesin) jika kita lakukan ‘mouse over’ bisa nunjukkan informasi dari mesin2 tersebut,… gimana caranya tu? mohon bimbingannya bg…

  6. @gilang: Thanks buddy, your works are also cool!!

    @johannes: si objeknya dikasi event listener, coba pelajari event listener di flashnya ya 🙂

  7. ternyaya blog ini banyak ilmu yg bisa di ambil….
    ╔══╗═════╔╗═════
    ╚╗╔╬═╦═╦═╣╠╦╦╦╦╗
    ═║║║╩╣║║╬║═╣║║║║
    ═╚╝╚═╩╩╬╗╠╩╬╗╠═╝
    ═══════╚═╝═╚═╝══
    ((y)※°˚˚♡.ƠƘƺ.:*.ǑƘƺ.♡˚˚°※(y)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s